Pengembangan Media Assemblr Edu dalam Mata Pelajaran PAI di SD IT Baiturrahim pada Fase C

Ummi Hanifah Fadilah Damanik, 2121192 (2025) Pengembangan Media Assemblr Edu dalam Mata Pelajaran PAI di SD IT Baiturrahim pada Fase C. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Ummi Hanifah Fadilah Damanik 2121192 cover.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Ummi Hanifah Fadilah Damanik 2121192 abstrak.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Ummi Hanifah Fadilah Damanik 2121192 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk karakter peserta didik yang beriman, bertakwa, serta berakhlak mulia, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 3. Hal ini menuntut pelaksanaan pembelajaran yang tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga interaktif, kreatif, dan menyenangkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Assemblr Edu dalam mata pelajaran PAI kelas V fase C serta mengetahui kelayakannya melalui uji validitas dan praktikalitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan ADDIE digunakan untuk merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi media pembelajaran Assemblr Edu secara sistematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas V SD IT Baiturrahim, guru PAI, serta dosen ahli sebagai validator media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Assemblr Edu dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 96% (kategori sangat valid), ahli media sebesar 91% (kategori sangat valid), dan ahli praktisi pembelajaran sebesar 92% (kategori sangat valid). Selain itu, hasil praktikalitas berdasarkan angket guru mencapai 95%, dan hasil tanggapan siswa mencapai 94%, yang menunjukkan bahwa media ini sangat praktis dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Media Assemblr Edu, Pengembangan Media
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 26 Nov 2025 00:56
Last Modified: 26 Nov 2025 00:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item